Widget HTML Atas

√ Angka Romawi : Tabel dan Cara Penulisan Angka Romawi

Angka Romawi atau Bilangan Romawi adalah sistem penomoran yang dipakai oleh bangsa Romawi kuno pada masa itu. Uniknya, untuk melambangkan angka numerik sistem penomoran ini memakai  huruf latin.

Saat ini, penggunaannya semakin berkembang dan banyak digunakan dalam  berbagai hal diantaranya judul tulisan, sistem penomoran halaman, dalam sebuah karya tulis, penomoran dalam teori musik, dan angka-angka yang ada di jam.


Sebagai seorang pelajar kita wajib untuk mengerti dan memahami segala hal yang berkaitan dengan angka romawi. Untuk itu, silahkan kalian pelajari materi tentang bilangan romawi berikut dengan cermat.

Angka Romawi

Pengertian Angka Romawi

Angka Romawi adalah angka-angka yang biasa digunakan untuk melakukan penomoran. Sistem penomoran ini pertama kali digunakan oleh Bangsa Romawi Kuno. Pada saat itu digunakan oleh Bangsa Romawi untuk melakukan pencatatan nomor pada batu seni dan koin.

Sistem penomoran ini merupakan sistem penomoran yang terbilang unik. Hal ini dikarenakan sistem penomoran ini berbeda dengan sistem penomoran pada angka latin yang biasa kita gunakan.

Pada penomoran Romawi, kita menggunakan huruf-huruf latin untuk melambangkan sebuah angka.

Adapun hal yang melatar belakangi Angka Romawi menggunakan huruf latin, bukan angka latin, adalah karena sistem penomoran ini mengadopsi sistem penomoran yang dimiliki oleh Bangsa Etruscan.

Hal ini terlihat jelas dari angka-angka pada penomoran yang hampir menyerupai angka-angka pada sistem penomoran milik bangsa Etruscan. Awalnya, sistem penomoran ini susah untuk dibaca dan dipahami.

Namun, pada pertengahan abad angka-angka itu disederhanakan. angka-angka Romawi yang kita pelajari dan kita gunakan saat ini adalah angka-angka Romawi baru yang sudah mengalami penyederhanaan.

Konversi Angka Romawi

Kamu bisa melakukan proses konversi bilangan romawi melalui "kalkulator online" berikut. Kalkulator ini berfungsi konversi angka biasa ke romawi dan juga konversi romawi ke angka.

Hasil: Hasil:

Karakter Angka Romawi

Secara umum, bilangan Romawi yang biasa kita gunakan antara lain angka I, V, X, L, C, D, dan M masing-masing Angka tersebut melambangkan suatu angka latin tertentu. Adapun untuk menentukan bilangan-bilangan lainnya dapat dilakukan dengan memadukan (mengkombinasikan) dari ketujuh angka yang ada.

Sebelumnya telah disebutkan bahwa secara umum Angka Romawi terdiri dari 7 angka, yaitu I, V, X, L, C, D, dan M dimana masing-masing Angka tersebut melambangkan suatu angka latin tertentu.

Dalam penulisan Angka Romawi memiliki cara yang berbeda dengan angka latin. Bilangan Romawi ditulis dengan menggunakan huruf latin dan bukan menggunakan simbol Angka. Adapun simbol yang terdapat dalam Angka Romawi terdiri dari dua karakter yaitu karakter dasar dan karakter kombinasi.

Karakter Dasar

Karakter Dasar adalah karakter tunggal yang menyatakan suatu bilangan tertentu. Angka romawi terdiri dari tujuh angka yaitu I, V, X, L, C, D, dan M. Ketujuh angka tersebut adalah karakter dasar yang dimiliki oleh Angka Romawi.

Hal ini karena angka-angka tersebut berasal dari huruf latin dan masing-masing huruf latin tersebut melambangkan suatu bilangan tertentu. Berikut ini akan dijelaskan masing-masing huruf latin yang merupakan simbol dari suatu angka latin tertentu.
  • I atau i melambangkan bilangan 1
  • V atau v melambangkan bilangan 5
  • X atau x melambangkan bilangan 10
  • L atau l melambangkan bilangan 50
  • C atau c melambangkan bilangan 100
  • D atau d melambangkan bilangan 500
  • M atau m melambangkan bilangan 1.000
Selain ketujuh huruf di atas, terdapat beberapa huruf lain dari simbol Angka Romawi yang juga merupakan karakter dasar dari Angka Romawi. Huruf huruf tersebut sebenarnya adalah pengembangan dari tujuh huruf yang menjadi simbol di atas.

Adapun huruf-huruf yang dimaksud adalah sebagai berikut.
  • V dengan garis di atas(V) untuk melambangkan bilangan 5.000
  • X dengan garis di atas(X) untuk melambangkan bilangan 10.000
  • L dengan garis di atas(L) untuk melambangkan bilangan 50.000
  • C dengan garis di atas(C) untuk melambangkan bilangan 100.000
  • D dengan garis di atas(D) untuk melambangkan bilangan 500.000
  • M dengan garis di atas(M) untuk melambangkan bilangan 1.000.000

Karakter Kombinasi

Karakter Kombinasi adalah karakter yang terbentuk dari gabungan beberapa karakter dasar. Dalam Angka Romawi, karakter dasar yang dimaksud adalah huruf I, V, X, L, C, D, dan X yang merupakan simbol dari Angka Romawi beserta beberapa huruf yang merupakan pengembangan dari ketujuh huruf tersebut. 

Dari penggabungan huruf-huruf yang menjadi karakter dasar tersebut, selanjutnya didapati karakter baru yang berupa gabungan beberapa huruf dimana gabungan huruf tersebut menggambarkan atau menyatakan suatu bilangan tertentu.

Adapun contoh-contoh karakter kombinasi yang dapat dibuat dari huruf-huruf yang menjadi karakter dasar antara lain sebagai berikut.

Karakter Kombinasi Angka Romawi yang merupakan kombinasi dari karakter dasar

  • II = 2
  • III = 3
  • IV = 4
  • VI = 6
  • VII = 7
  • VIII = 8
  • IX = 9
  • XI = 11
  • XII = 12
  • XIII = 13
  • XIV = 14
  • dan lain sebagainya

Penulisan Angka Romawi
Gabungan huruf-huruf di atas merupakan sedikit contoh karakter kombinasi yang dapat dibentuk. Masih terdapat banyak sekali karakter kombinasi yang dapat dibentuk dari karakter dasar yang kita punya selain gabungan huruf di atas.

Jumlah Karakter

Jumlah karakter Angka Romawinya sama dengan jumlah karakter dari Romawi Angka pada bilangan tersebut.

Dalam Angka Romawi, tidak ada huruf yang digunakan untuk mendefinisikan angka nol. Dengan demikian, angka nol yang terdapat dalam suatu bilangan tidak akan memberikan pengaruh terhadap jumlah karakter dari Angka Romawi.

Selain hal tersebut, posisi satuan, puluhan, ratusan, dan seterusnya yang ada dalam suatu bilangan juga tidak akan berpengaruh terhadap jumlah karakter Angka Romawi dari suatu bilangan.

Contoh dari pernyataan di atas adalah angka 2 dalam bentuk Angka Romawi adalah II, angka 20 dalam bentuk Angka Romawi adalah XX, angka 200 dalam bentuk Angka Romawi adalah CC, angka 2000 dalam bentuk MM, dan seterusnya tetap dengan jumlah karakter yang sama yaitu dua karakter.

Selain contoh di atas, berikut ini akan disajikan beberapa contoh Angka Romawi terkait dengan jumlah karakter Angka Romawi.

  1. Angka 2405 terdiri dari 4 karakter yaitu MMCDV (dua karakter untuk angka 2.000 yaitu MM yang diletakkan di depan, dua karakter untuk angka 400 yaitu CD yang diletakkan setelah MM, dan satu karakter untuk angka 5 yaitu V yang diletakkan di belakang C).
  2. Angka 2018 terdiri dari 7 karakter yaitu MMXVIII (dua karakter untuk angka 2.000 yaitu MM yang diletakkan di depan, lima karakter untuk angka 18 yaitu XVIII yang diletakkan setelah MM).
  3. Angka 2008 terdiri dari 6 karakter yaitu MMVIII (dua karakter untuk angka 2.000 yaitu MM yang diletakkan di depan. Sedangkan empat karakter yang lain adalah untuk angka 8, yaitu VIII yang diletakkan setelah angka Romawi MM).
  4. Angka 1225 terdiri dari 6 karakter yaitu MCCXXV (satu karakter untuk angka 1.000 yaitu M yang diletakkan di depan, dua karakter untuk angka 200 yaitu CC yang diletakkan setelah M, dua karakter untuk angka 20 yaitu XX yang diletakkan di belakang CC, dan satu karakter untuk angka 5 yaitu V yang diletakkan di belakang XX).
  5. Angka 1008 terdiri dari 5 karakter yaitu MVIII (satu karakter untuk angka 1000 yaitu M yang diletakkan di depan, empat karakter untuk angka 8 yaitu VIII yang diletakkan setelah M). 
  6. Angka 125 terdiri dari 4 karakter yaitu CXXV (satu karakter untuk angka 100 yaitu C yang diletakkan di depan, dua karakter untuk angka 20 yaitu XX yang diletakkan setelah C, dan satu karakter untuk angka 5 yaitu V yang diletakkan di belakang XX).
  7. Angka 25 terdiri dari 3 karakter yaitu XXV (dua karakter untuk angka 20 yaitu XX yang diletakkan di depan, satu karakter untuk angka 5 yaitu V yang diletakkan setelah XX).
  8. Angka 12 terdiri dari 3 karakter yaitu XII (satu karakter untuk angka 10 yaitu X yang diletakkan di depan, dua karakter untuk angka 2 yaitu II yang diletakkan setelah X).


Cara Penulisan Angka Romawi

Berikut ini akan disajikan beberapa cara yang dapat digunakan untuk menuliskan Angka Romawi dengan benar.

Sistem Pengulangan

Kita terkadang harus melakukan pengulangan dalam menuliskan Angka Romawi yang sama. Namun, pengulangan yang dilakukan itu dibatasi paling banyak adalah tiga kali.

Dalam melakukan pengulangan tersebut, tidak semua Angka Romawi dapat ditulis ulang. Adapun Angka Romawi yang dapat diulang antara lain I, X, C, dan M. Sedangkan Angka Romawi yang tidak dapat diulang antara lain V, L, dan D. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut ini.
  • I = 1
  • II = 2
  • III = 3
  • IV = 4 
Dari contoh tersebut, jelas bahwa setelah tiga kali pengulangan tidak akan diulangi kembali untuk kali keempat.

Sistem Pengurangan

Jika angka romawi yang lebih kecil ditulis didepan angka yang lebih besar ini artinya sistem pengurangan.

Pengurangan yang demikian ini hanya dapat dilakukan satu kali. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh di bawah ini.
  • IV = 5 – 1 = 4
  • XL = 50 – 10 = 40
  • XC = 100 – 10 = 90 

Sistem Penjumlahan 

Jika bilangan romawi yang bernilai sama atau lebih kecil ditulis dibelakang bilangan romawi yang lebih besar ini artinya penjumlahan.

Dalam hal ini, penjumlahan hanya dapat dilakukan maksimal tiga kali. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut.
  • VI = 5 + 1 = 6 
  • VII = 5 + 2 = 7
  • VIII = 5 + 3 = 8
  • XV = 10 + 5 = 15
  • LX = 50 + 10 = 60

Sistem Gabungan

Selain dengan menggunakan sistem pengurangan dan sistem penjumlahan, terdapat sistem lain yaitu gabungan antara sistem pengurangan dan sistem penjumlahan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh di bawah ini.
  • XIV  = 10 + (5 – 1) = 14
  • LIX  = 50 + (10 – 1) = 50 + 9 = 59
  • CXLIV = 100 + (50 – 10) + (5 – 1)   = 100 + 40 + 4 = 144 

Cara Mudah Menulis Angka Desimal ke Angka Romawi

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan translasi angka desimal ke dalam Angka Romawi. 
  1. Tuliskan angka desimal yang ingin kita ubah ke dalam Angka Romawi. Misalkan angka yang ingin kita ubah adalah angka 1225 (seribu dua ratus dua puluh lima)
  2. Ingatlah selalu cara untuk menyebut angka yang ingin kita ubah tadi yaitu Seribu Dua Ratus Dua Puluh Lima
  3. Setelah itu, jabarkan angka desimal tadi ke dalam bentuk ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan seperti berikut ini 1225 = 1000 + 200 + 20 + 5 atau Seribu + Dua Ratus + Dua Puluh + Lima
  4. Setelah didapati bentuk penjabaran seperti di atas, langkah selanjutnya adalah translasikan angka-angka latin tadi ke dalam bentuk Angka Romawi yang ditunjukkan sebagai berikut ini: 1000 + 200 + 20 + 5 = M + CC + XX + V
  5. Hasil translasi yang sudah kita peroleh, lalu digabung sesuai dengan urutannya. Adapun contohnya adalah M + CC + XX + V = MCCXXV
Tabel angka romawi 1 sampai 100
Tabel angka romawi 1 sampai 100

Contoh Cara Penulisan Angka Romawi

Berikut ini akan disajikan contoh-contoh bagaimana cara penulisan Angka Romawi yang didasarkan pada langkah-langkah translasi angka desimal ke Angka Romawi.

Penulisan Angka Romawi 2018

  1. Tuliskan angka desimal yang ingin kita ubah ke dalam Angka Romawi. Misalkan angka 2018 (dua ribu delapan belas)
  2. Ingatlah selalu cara untuk menyebut angka yang ingin kita ubah tadi yaitu Dua Ribu Delapan Belas
  3. Setelah itu, jabarkan angka desimal tadi ke dalam bentuk ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan seperti berikut ini 2018 = 2000 + 10 + 8 atau Dua Ribu + Sepuluh + Delapan
  4. Setelah didapati bentuk penjabaran seperti di atas, langkah selanjutnya adalah translasikan angka-angka latin tadi ke dalam bentuk Angka Romawi yang ditunjukkan sebagai berikut ini: 2000 + 10 + 8 = MM + X + VIII
  5. Hasil translasi yang sudah kita peroleh, lalu digabung sesuai dengan urutannya. Adapun contohnya adalah MM + X + VIII = MMXVIII.

Penulisan Angka Romawi 2017

  1. Tuliskan angka desimal yang ingin kita ubah ke dalam Angka Romawi. Misalkan angka 2017 (dua ribu tujuh belas)
  2. Ingatlah selalu cara untuk menyebut angka yang ingin kita ubah tadi yaitu Dua Ribu Tujuh Belas
  3. Setelah itu, jabarkan angka desimal tadi ke dalam bentuk ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan seperti berikut ini 2017 = 2000 + 10 + 7 atau Dua Ribu + Sepuluh + Tujuh
  4. Setelah didapati bentuk penjabaran seperti di atas, langkah selanjutnya adalah translasikan angka-angka latin tadi ke dalam bentuk Angka Romawi yang ditunjukkan sebagai berikut ini: 2000 + 10 + 7 = MM + X + VII
  5. Hasil translasi yang sudah kita peroleh, lalu digabung sesuai dengan urutannya. Adapun contohnya adalah MM + X + VII = MMXVII.

Penulisan Angka Romawi 2016

  1. Tuliskan angka desimal yang ingin kita ubah ke dalam Angka Romawi. Misalkan angka 2016 (dua ribu enam belas)
  2. Ingatlah selalu cara untuk menyebut angka yang ingin kita ubah tadi yaitu Dua Ribu Enam Belas
  3. 3. Setelah itu, jabarkan angka desimal tadi ke dalam bentuk ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan seperti berikut ini 2016 = 2000 + 10 + 6 atau Dua Ribu + Sepuluh + Enam
  4. Setelah didapati bentuk penjabaran seperti di atas, langkah selanjutnya adalah translasikan angka-angka latin tadi ke dalam bentuk Angka Romawi yang ditunjukkan sebagai berikut ini: 2000 + 10 + 6 = MM + X + VI
  5. Hasil translasi yang sudah kita peroleh, lalu digabung sesuai dengan urutannya. Adapun contohnya adalah MM + X + VII = MMXVI.

Penulisan Angka Romawi 2015

  1. Tuliskan angka desimal yang ingin kita ubah ke dalam Angka Romawi. Misalkan angka 2015 (dua ribu lima belas)
  2. Ingatlah selalu cara untuk menyebut angka yang ingin kita ubah tadi yaitu Dua Ribu Lima Belas
  3. Setelah itu, jabarkan angka desimal tadi ke dalam bentuk ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan seperti berikut ini 2016 = 2000 + 10 + 5 atau Dua Ribu + Sepuluh + Lima
  4. Setelah didapati bentuk penjabaran seperti di atas, langkah selanjutnya adalah translasikan angka-angka latin tadi ke dalam bentuk Angka Romawi yang ditunjukkan sebagai berikut ini: 2000 + 10 + 5 = MM + X + V
  5. Hasil translasi yang sudah kita peroleh, lalu digabung sesuai dengan urutannya. Adapun contohnya adalah MM + X + VII = MMXV.

Penulisan Angka Romawi 5000

  1. Tuliskan angka desimal yang ingin kita ubah ke dalam Angka Romawi. Misalkan angka 5000 (lima ribu)
  2. Ingatlah selalu cara untuk menyebut angka yang ingin kita ubah tadi yaitu Lima Ribu
  3. Setelah itu, jabarkan angka desimal tadi ke dalam bentuk ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan seperti berikut ini 5000 atau Lima Ribu
  4. Setelah didapati bentuk penjabaran seperti di atas, langkah selanjutnya adalah translasikan angka-angka latin tadi ke dalam bentuk Angka Romawi yang ditunjukkan sebagai berikut ini: 5000 = V
  5. Hasil translasi yang sudah kita peroleh, lalu digabung sesuai dengan urutannya. Adapun contohnya adalah V

Penulisan Angka Romawi 10000

  1. Tuliskan angka desimal yang ingin kita ubah ke dalam Angka Romawi. Misalkan angka yang ingin kita ubah adalah angka 10000 (sepuluh ribu)
  2. Ingatlah selalu cara untuk menyebut angka yang ingin kita ubah tadi yaitu Sepuluh Ribu
  3. Setelah itu, jabarkan angka desimal tadi ke dalam bentuk ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan seperti berikut ini 10000 atau Sepuluh Ribu
  4. Setelah didapati bentuk penjabaran seperti di atas, langkah selanjutnya adalah translasikan angka-angka latin tadi ke dalam bentuk Angka Romawi yang ditunjukkan sebagai berikut ini: 10000 = X
  5. Hasil translasi yang sudah kita peroleh, lalu digabung sesuai dengan urutannya. Adapun contohnya adalah X

Penulisan Angka Romawi 1997

  1. Tuliskan angka desimal yang ingin kita ubah ke dalam Angka Romawi. Misalkan angka yang ingin kita ubah adalah angka 1997 (seribu sembilan ratus sembilan puluh tujuh)
  2. Ingatlah selalu cara untuk menyebut angka yang ingin kita ubah tadi yaitu Seribu Sembilan Ratus Sembilan Puluh Tujuh
  3. Setelah itu, jabarkan angka desimal tadi ke dalam bentuk ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan seperti berikut ini 1997 = 1000 + 900 + 90 + 7 atau Seribu + Sembilan Ratus + Sembilan Puluh + Tujuh
  4. Setelah didapati bentuk penjabaran seperti di atas, langkah selanjutnya adalah translasikan angka-angka latin tadi ke dalam bentuk Angka Romawi yang ditunjukkan sebagai berikut ini: 1000 + 900 + 90 + 7 = M + CM + XC + VII
  5. Hasil translasi yang sudah kita peroleh, lalu digabung sesuai dengan urutannya. Adapun contohnya adalah M + CM + XC + VII = MCMXCVII.

Penulisan Angka Romawi 2019

  1. Tuliskan angka desimal yang ingin kita ubah ke dalam Angka Romawi. Misalkan angka 2019 (dua ribu sembilan belas)
  2. Ingatlah selalu cara untuk menyebut angka yang ingin kita ubah tadi yaitu Dua Ribu Sembilan Belas
  3. Setelah itu, jabarkan angka desimal tadi ke dalam bentuk ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan seperti berikut ini 2019 = 2000 + 10 + 9 atau Dua Ribu + Sepuluh + Sembilan
  4. Setelah didapati bentuk penjabaran seperti di atas, langkah selanjutnya adalah translasikan angka-angka latin tadi ke dalam bentuk Angka Romawi yang ditunjukkan sebagai berikut ini: 2000 + 10 + 9 = MM + X + IX
  5. Hasil translasi yang sudah kita peroleh, lalu digabung sesuai dengan urutannya. Adapun contohnya adalah MM + X + IX = MMXIX.

Penulisan Angka Romawi 2020

  1. Tuliskan angka desimal yang ingin kita ubah ke dalam Angka Romawi. Misalkan angka 2020 (dua ribu dua puluh)
  2. Ingatlah selalu cara untuk menyebut angka yang ingin kita ubah tadi yaitu Dua Ribu Dua Puluh
  3. Setelah itu, jabarkan angka desimal tadi ke dalam bentuk ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan seperti berikut ini 2020 = 2000 + 20 atau Dua Ribu + dua puluh
  4. Setelah didapati bentuk penjabaran seperti di atas, langkah selanjutnya adalah translasikan angka-angka latin tadi ke dalam bentuk Angka Romawi yang ditunjukkan sebagai berikut ini: 2000 + 20 = MM + XX
  5. Hasil translasi yang sudah kita peroleh, lalu digabung sesuai dengan urutannya. Adapun contohnya adalah MM + XX = MMXX.

Kekurangan Angka Romawi

Dalam sebuah sistem, pastinya terdapat banyak kekurangan di dalamnya. Hal ini juga berlaku dalam sistem penomoran pada Angka Romawi. Berikut ini akan disampaikan beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Angka Romawi antara lain:
  1. Di dalam Angka Romawi tidak didefinisikan bagaimana penulisan dari angka nol (0).
  2. Ada kalanya sistem penomoran yang dilakukan dengan Angka Romawi menjadi terlalu panjang dalam menyebut bilangan-bilangan tertentu.
  3. Sistem penomoran yang ada di Angka Romawi terbatas hanya untuk bilangan-bilangan yang bernilai kecil saja.

Pemakaian Angka Romawi atau Huruf Romawi

  1. Untuk Tingkatan Kelas, Contoh: kelas I, kelas II, kelas III, kelas IV, kelas VI.
  2. Untuk Nomor Bab dalam Sebuah Buku, Contoh: Bab I Pembuka, Bab II Isi
  3. Dalam Nomor Sekolah Dasar, Contoh: SD N Grenggeng I, SD N Jakarta VI
  4. Menulis Angka Pada JAM.

Angka Romawi Dari 1 - 1000

Angka DesimalAngka RomawiPenjelasan
0tidak terdefinisi
1I1
2II1+1
3III1+1+1
4IV-1+5
5V5
6VI5+1
7VII5+1+1
8VIII5+1+1+1
9IX-1+10
10X10
11XI10+1
12XII10+1+1
13XIII10+1+1+1
14XIV10-1+5
15XV10+5
16XVI10+5+1
17XVII10+5+1+1
18XVIII10+5+1+1+1
19XIX10-1+10
20XX10+10
21XXI10+10+1
22XXII10+10+1+1
23XXIII10+10+1+1+1
24XXIV10+10-1+5
25XXV10+10+5
26XXVI10+10+5+1
27XXVII10+10+5+1+1
28XXVIII10+10+5+1+1+1
29XXIX10+10-1+10
30XXX10+10+10
31XXXI10+10+10+1
32XXXII10+10+10+1+1
33XXXIII10+10+10+1+1+1
34XXXIV10+10+10-1+5
35XXXV10+10+10+5
36XXXVI10+10+10+5+1
37XXXVII10+10+10+5+1+1
38XXXVIII10+10+10+5+1+1+1
39XXXIX10+10+10-1+10
40XL-10+50
41XLI-10+50+1
42XLII-10+50+1+1
43XLIII-10+50+1+1+1
44XLIV-10+50-1+5
45XLV-10+50+5
46XLVI-10+50+5+1
47XLVII-10+50+5+1+1
48XLVIII-10+50+5+1+1+1
49XLIX-10+50-1+10
50L50
51LI50+1
52LII50+1+1
53LIII50+1+1+1
54LIV50-1+5
55LV50+5
56LVI50+5+1
57LVII50+5+1+1
58LVIII50+5+1+1+1
59LIX50-1+10
60LX50+10
61LXI50+10+1
62LXII50+10+1+1
63LXIII50+10+1+1+1
64LXIV50+10-1+5
65LXV50+10+5
66LXVI50+10+5+1
67LXVII50+10+5+1+1
68LXVIII50+10+5+1+1+1
69LXIX50+10-1+10
70LXX50+10+10
71LXXI50+10+10+1
72LXXII50+10+10+1+1
73LXXIII50+10+10+1+1+1
74LXXIV50+10+10-1+5
75LXXV50+10+10+5
76LXXVI50+10+10+5+1
77LXXVII50+10+10+5+1+1
78LXXVIII50+10+10+5+1+1+1
79LXXIX50+10+10-1+10
80LXXX50+10+10+10
81LXXXI50+10+10+10+1
82LXXXII50+10+10+10+1+1
83LXXXIII50+10+10+10+1+1+1
84LXXXIV50+10+10+10-1+5
85LXXXV50+10+10+10+5
86LXXXVI50+10+10+10+5+1
87LXXXVII50+10+10+10+5+1+1
88LXXXVIII50+10+10+10+5+1+1+1
89LXXXIX50+10+10+10-1+10
90XC-10+100
91XCI-10+100+1
92XCII-10+100+1+1
93XCIII-10+100+1+1+1
94XCIV-10+100-1+5
95XCV-10+100+5
96XCVI-10+100+5+1
97XCVII-10+100+5+1+1
98XCVIII-10+100+5+1+1+1
99XCIX-10+100-1+10
100C100
101CI100+1
102CII100+1+1
103CIII100+1+1+1
104CIV100-1+5
105CV100+5
106CVI100+5+1
107CVII100+5+1+1
108CVIII100+5+1+1+1
109CIX100-1+10
110CX100+10
111CXI100+10+1
112CXII100+10+1+1
113CXIII100+10+1+1+1
114CXIV100+10-1+5
115CXV100+10+5
116CXVI100+10+5+1
117CXVII100+10+5+1+1
118CXVIII100+10+5+1+1+1
119CXIX100+10-1+10
120CXX100+10+10
121CXXI100+10+10+1
122CXXII100+10+10+1+1
123CXXIII100+10+10+1+1+1
124CXXIV100+10+10-1+5
125CXXV100+10+10+5
126CXXVI100+10+10+5+1
127CXXVII100+10+10+5+1+1
128CXXVIII100+10+10+5+1+1+1
129CXXIX100+10+10-1+10
130CXXX100+10+10+10
131CXXXI100+10+10+10+1
132CXXXII100+10+10+10+1+1
133CXXXIII100+10+10+10+1+1+1
134CXXXIV100+10+10+10-1+5
135CXXXV100+10+10+10+5
136CXXXVI100+10+10+10+5+1
137CXXXVII100+10+10+10+5+1+1
138CXXXVIII100+10+10+10+5+1+1+1
139CXXXIX100+10+10+10-1+10
140CXL100-10+50
141CXLI100-10+50+1
142CXLII100-10+50+1+1
143CXLIII100-10+50+1+1+1
144CXLIV100-10+50-1+5
145CXLV100-10+50+5
146CXLVI100-10+50+5+1
147CXLVII100-10+50+5+1+1
148CXLVIII100-10+50+5+1+1+1
149CXLIX100-10+50-1+10
150CL100+50
151CLI100+50+1
152CLII100+50+1+1
153CLIII100+50+1+1+1
154CLIV100+50-1+5
155CLV100+50+5
156CLVI100+50+5+1
157CLVII100+50+5+1+1
158CLVIII100+50+5+1+1+1
159CLIX100+50-1+10
160CLX100+50+10
161CLXI100+50+10+1
162CLXII100+50+10+1+1
163CLXIII100+50+10+1+1+1
164CLXIV100+50+10-1+5
165CLXV100+50+10+5
166CLXVI100+50+10+5+1
167CLXVII100+50+10+5+1+1
168CLXVIII100+50+10+5+1+1+1
169CLXIX100+50+10-1+10
170CLXX100+50+10+10
171CLXXI100+50+10+10+1
172CLXXII100+50+10+10+1+1
173CLXXIII100+50+10+10+1+1+1
174CLXXIV100+50+10+10-1+5
175CLXXV100+50+10+10+5
176CLXXVI100+50+10+10+5+1
177CLXXVII100+50+10+10+5+1+1
178CLXXVIII100+50+10+10+5+1+1+1
179CLXXIX100+50+10+10-1+10
180CLXXX100+50+10+10+10
181CLXXXI100+50+10+10+10+1
182CLXXXII100+50+10+10+10+1+1
183CLXXXIII100+50+10+10+10+1+1+1
184CLXXXIV100+50+10+10+10-1+5
185CLXXXV100+50+10+10+10+5
186CLXXXVI100+50+10+10+10+5+1
187CLXXXVII100+50+10+10+10+5+1+1
188CLXXXVIII100+50+10+10+10+5+1+1+1
189CLXXXIX100+50+10+10+10-1+10
190CXC100-10+100
191CXCI100-10+100+1
192CXCII100-10+100+1+1
193CXCIII100-10+100+1+1+1
194CXCIV100-10+100-1+5
195CXCV100-10+100+5
196CXCVI100-10+100+5+1
197CXCVII100-10+100+5+1+1
198CXCVIII100-10+100+5+1+1+1
199CXCIX100-10+100-1+10
200CC100+100
201CCI100+100+1
202CCII100+100+1+1
203CCIII100+100+1+1+1
204CCIV100+100-1+5
205CCV100+100+5
206CCVI100+100+5+1
207CCVII100+100+5+1+1
208CCVIII100+100+5+1+1+1
209CCIX100+100-1+10
210CCX100+100+10
211CCXI100+100+10+1
212CCXII100+100+10+1+1
213CCXIII100+100+10+1+1+1
214CCXIV100+100+10-1+5
215CCXV100+100+10+5
216CCXVI100+100+10+5+1
217CCXVII100+100+10+5+1+1
218CCXVIII100+100+10+5+1+1+1
219CCXIX100+100+10-1+10
220CCXX100+100+10+10
221CCXXI100+100+10+10+1
222CCXXII100+100+10+10+1+1
223CCXXIII100+100+10+10+1+1+1
224CCXXIV100+100+10+10-1+5
225CCXXV100+100+10+10+5
226CCXXVI100+100+10+10+5+1
227CCXXVII100+100+10+10+5+1+1
228CCXXVIII100+100+10+10+5+1+1+1
229CCXXIX100+100+10+10-1+10
230CCXXX100+100+10+10+10
231CCXXXI100+100+10+10+10+1
232CCXXXII100+100+10+10+10+1+1
233CCXXXIII100+100+10+10+10+1+1+1
234CCXXXIV100+100+10+10+10-1+5
235CCXXXV100+100+10+10+10+5
236CCXXXVI100+100+10+10+10+5+1
237CCXXXVII100+100+10+10+10+5+1+1
238CCXXXVIII100+100+10+10+10+5+1+1+1
239CCXXXIX100+100+10+10+10-1+10
240CCXL100+100-10+50
241CCXLI100+100-10+50+1
242CCXLII100+100-10+50+1+1
243CCXLIII100+100-10+50+1+1+1
244CCXLIV100+100-10+50-1+5
245CCXLV100+100-10+50+5
246CCXLVI100+100-10+50+5+1
247CCXLVII100+100-10+50+5+1+1
248CCXLVIII100+100-10+50+5+1+1+1
249CCXLIX100+100-10+50-1+10
250CCL100+100+50
251CCLI100+100+50+1
252CCLII100+100+50+1+1
253CCLIII100+100+50+1+1+1
254CCLIV100+100+50-1+5
255CCLV100+100+50+5
256CCLVI100+100+50+5+1
257CCLVII100+100+50+5+1+1
258CCLVIII100+100+50+5+1+1+1
259CCLIX100+100+50-1+10
260CCLX100+100+50+10
261CCLXI100+100+50+10+1
262CCLXII100+100+50+10+1+1
263CCLXIII100+100+50+10+1+1+1
264CCLXIV100+100+50+10-1+5
265CCLXV100+100+50+10+5
266CCLXVI100+100+50+10+5+1
267CCLXVII100+100+50+10+5+1+1
268CCLXVIII100+100+50+10+5+1+1+1
269CCLXIX100+100+50+10-1+10
270CCLXX100+100+50+10+10
271CCLXXI100+100+50+10+10+1
272CCLXXII100+100+50+10+10+1+1
273CCLXXIII100+100+50+10+10+1+1+1
274CCLXXIV100+100+50+10+10-1+5
275CCLXXV100+100+50+10+10+5
276CCLXXVI100+100+50+10+10+5+1
277CCLXXVII100+100+50+10+10+5+1+1
278CCLXXVIII100+100+50+10+10+5+1+1+1
279CCLXXIX100+100+50+10+10-1+10
280CCLXXX100+100+50+10+10+10
281CCLXXXI100+100+50+10+10+10+1
282CCLXXXII100+100+50+10+10+10+1+1
283CCLXXXIII100+100+50+10+10+10+1+1+1
284CCLXXXIV100+100+50+10+10+10-1+5
285CCLXXXV100+100+50+10+10+10+5
286CCLXXXVI100+100+50+10+10+10+5+1
287CCLXXXVII100+100+50+10+10+10+5+1+1
288CCLXXXVIII100+100+50+10+10+10+5+1+1+1
289CCLXXXIX100+100+50+10+10+10-1+10
290CCXC100+100-10+100
291CCXCI100+100-10+100+1
292CCXCII100+100-10+100+1+1
293CCXCIII100+100-10+100+1+1+1
294CCXCIV100+100-10+100-1+5
295CCXCV100+100-10+100+5
296CCXCVI100+100-10+100+5+1
297CCXCVII100+100-10+100+5+1+1
298CCXCVIII100+100-10+100+5+1+1+1
299CCXCIX100+100-10+100-1+10
300CCC100+100+100
301CCCI100+100+100+1
302CCCII100+100+100+1+1
303CCCIII100+100+100+1+1+1
304CCCIV100+100+100-1+5
305CCCV100+100+100+5
306CCCVI100+100+100+5+1
307CCCVII100+100+100+5+1+1
308CCCVIII100+100+100+5+1+1+1
309CCCIX100+100+100-1+10
310CCCX100+100+100+10
311CCCXI100+100+100+10+1
312CCCXII100+100+100+10+1+1
313CCCXIII100+100+100+10+1+1+1
314CCCXIV100+100+100+10-1+5
315CCCXV100+100+100+10+5
316CCCXVI100+100+100+10+5+1
317CCCXVII100+100+100+10+5+1+1
318CCCXVIII100+100+100+10+5+1+1+1
319CCCXIX100+100+100+10-1+10
320CCCXX100+100+100+10+10
321CCCXXI100+100+100+10+10+1
322CCCXXII100+100+100+10+10+1+1
323CCCXXIII100+100+100+10+10+1+1+1
324CCCXXIV100+100+100+10+10-1+5
325CCCXXV100+100+100+10+10+5
326CCCXXVI100+100+100+10+10+5+1
327CCCXXVII100+100+100+10+10+5+1+1
328CCCXXVIII100+100+100+10+10+5+1+1+1
329CCCXXIX100+100+100+10+10-1+10
330CCCXXX100+100+100+10+10+10
331CCCXXXI100+100+100+10+10+10+1
332CCCXXXII100+100+100+10+10+10+1+1
333CCCXXXIII100+100+100+10+10+10+1+1+1
334CCCXXXIV100+100+100+10+10+10-1+5
335CCCXXXV100+100+100+10+10+10+5
336CCCXXXVI100+100+100+10+10+10+5+1
337CCCXXXVII100+100+100+10+10+10+5+1+1
338CCCXXXVIII100+100+100+10+10+10+5+1+1+1
339CCCXXXIX100+100+100+10+10+10-1+10
340CCCXL100+100+100-10+50
341CCCXLI100+100+100-10+50+1
342CCCXLII100+100+100-10+50+1+1
343CCCXLIII100+100+100-10+50+1+1+1
344CCCXLIV100+100+100-10+50-1+5
345CCCXLV100+100+100-10+50+5
346CCCXLVI100+100+100-10+50+5+1
347CCCXLVII100+100+100-10+50+5+1+1
348CCCXLVIII100+100+100-10+50+5+1+1+1
349CCCXLIX100+100+100-10+50-1+10
350CCCL100+100+100+50
351CCCLI100+100+100+50+1
352CCCLII100+100+100+50+1+1
353CCCLIII100+100+100+50+1+1+1
354CCCLIV100+100+100+50-1+5
355CCCLV100+100+100+50+5
356CCCLVI100+100+100+50+5+1
357CCCLVII100+100+100+50+5+1+1
358CCCLVIII100+100+100+50+5+1+1+1
359CCCLIX100+100+100+50-1+10
360CCCLX100+100+100+50+10
361CCCLXI100+100+100+50+10+1
362CCCLXII100+100+100+50+10+1+1
363CCCLXIII100+100+100+50+10+1+1+1
364CCCLXIV100+100+100+50+10-1+5
365CCCLXV100+100+100+50+10+5
366CCCLXVI100+100+100+50+10+5+1
367CCCLXVII100+100+100+50+10+5+1+1
368CCCLXVIII100+100+100+50+10+5+1+1+1
369CCCLXIX100+100+100+50+10-1+10
370CCCLXX100+100+100+50+10+10
371CCCLXXI100+100+100+50+10+10+1
372CCCLXXII100+100+100+50+10+10+1+1
373CCCLXXIII100+100+100+50+10+10+1+1+1
374CCCLXXIV100+100+100+50+10+10-1+5
375CCCLXXV100+100+100+50+10+10+5
376CCCLXXVI100+100+100+50+10+10+5+1
377CCCLXXVII100+100+100+50+10+10+5+1+1
378CCCLXXVIII100+100+100+50+10+10+5+1+1+1
379CCCLXXIX100+100+100+50+10+10-1+10
380CCCLXXX100+100+100+50+10+10+10
381CCCLXXXI100+100+100+50+10+10+10+1
382CCCLXXXII100+100+100+50+10+10+10+1+1
383CCCLXXXIII100+100+100+50+10+10+10+1+1+1
384CCCLXXXIV100+100+100+50+10+10+10-1+5
385CCCLXXXV100+100+100+50+10+10+10+5
386CCCLXXXVI100+100+100+50+10+10+10+5+1
387CCCLXXXVII100+100+100+50+10+10+10+5+1+1
388CCCLXXXVIII100+100+100+50+10+10+10+5+1+1+1
389CCCLXXXIX100+100+100+50+10+10+10-1+10
390CCCXC100+100+100-10+100
391CCCXCI100+100+100-10+100+1
392CCCXCII100+100+100-10+100+1+1
393CCCXCIII100+100+100-10+100+1+1+1
394CCCXCIV100+100+100-10+100-1+5
395CCCXCV100+100+100-10+100+5
396CCCXCVI100+100+100-10+100+5+1
397CCCXCVII100+100+100-10+100+5+1+1
398CCCXCVIII100+100+100-10+100+5+1+1+1
399CCCXCIX100+100+100-10+100-1+10
400CD-100+500
401CDI-100+500+1
402CDII-100+500+1+1
403CDIII-100+500+1+1+1
404CDIV-100+500-1+5
405CDV-100+500+5
406CDVI-100+500+5+1
407CDVII-100+500+5+1+1
408CDVIII-100+500+5+1+1+1
409CDIX-100+500-1+10
410CDX-100+500+10
411CDXI-100+500+10+1
412CDXII-100+500+10+1+1
413CDXIII-100+500+10+1+1+1
414CDXIV-100+500+10-1+5
415CDXV-100+500+10+5
416CDXVI-100+500+10+5+1
417CDXVII-100+500+10+5+1+1
418CDXVIII-100+500+10+5+1+1+1
419CDXIX-100+500+10-1+10
420CDXX-100+500+10+10
421CDXXI-100+500+10+10+1
422CDXXII-100+500+10+10+1+1
423CDXXIII-100+500+10+10+1+1+1
424CDXXIV-100+500+10+10-1+5
425CDXXV-100+500+10+10+5
426CDXXVI-100+500+10+10+5+1
427CDXXVII-100+500+10+10+5+1+1
428CDXXVIII-100+500+10+10+5+1+1+1
429CDXXIX-100+500+10+10-1+10
430CDXXX-100+500+10+10+10
431CDXXXI-100+500+10+10+10+1
432CDXXXII-100+500+10+10+10+1+1
433CDXXXIII-100+500+10+10+10+1+1+1
434CDXXXIV-100+500+10+10+10-1+5
435CDXXXV-100+500+10+10+10+5
436CDXXXVI-100+500+10+10+10+5+1
437CDXXXVII-100+500+10+10+10+5+1+1
438CDXXXVIII-100+500+10+10+10+5+1+1+1
439CDXXXIX-100+500+10+10+10-1+10
440CDXL-100+500-10+50
441CDXLI-100+500-10+50+1
442CDXLII-100+500-10+50+1+1
443CDXLIII-100+500-10+50+1+1+1
444CDXLIV-100+500-10+50-1+5
445CDXLV-100+500-10+50+5
446CDXLVI-100+500-10+50+5+1
447CDXLVII-100+500-10+50+5+1+1
448CDXLVIII-100+500-10+50+5+1+1+1
449CDXLIX-100+500-10+50-1+10
450CDL-100+500+50
451CDLI-100+500+50+1
452CDLII-100+500+50+1+1
453CDLIII-100+500+50+1+1+1
454CDLIV-100+500+50-1+5
455CDLV-100+500+50+5
456CDLVI-100+500+50+5+1
457CDLVII-100+500+50+5+1+1
458CDLVIII-100+500+50+5+1+1+1
459CDLIX-100+500+50-1+10
460CDLX-100+500+50+10
461CDLXI-100+500+50+10+1
462CDLXII-100+500+50+10+1+1
463CDLXIII-100+500+50+10+1+1+1
464CDLXIV-100+500+50+10-1+5
465CDLXV-100+500+50+10+5
466CDLXVI-100+500+50+10+5+1
467CDLXVII-100+500+50+10+5+1+1
468CDLXVIII-100+500+50+10+5+1+1+1
469CDLXIX-100+500+50+10-1+10
470CDLXX-100+500+50+10+10
471CDLXXI-100+500+50+10+10+1
472CDLXXII-100+500+50+10+10+1+1
473CDLXXIII-100+500+50+10+10+1+1+1
474CDLXXIV-100+500+50+10+10-1+5
475CDLXXV-100+500+50+10+10+5
476CDLXXVI-100+500+50+10+10+5+1
477CDLXXVII-100+500+50+10+10+5+1+1
478CDLXXVIII-100+500+50+10+10+5+1+1+1
479CDLXXIX-100+500+50+10+10-1+10
480CDLXXX-100+500+50+10+10+10
481CDLXXXI-100+500+50+10+10+10+1
482CDLXXXII-100+500+50+10+10+10+1+1
483CDLXXXIII-100+500+50+10+10+10+1+1+1
484CDLXXXIV-100+500+50+10+10+10-1+5
485CDLXXXV-100+500+50+10+10+10+5
486CDLXXXVI-100+500+50+10+10+10+5+1
487CDLXXXVII-100+500+50+10+10+10+5+1+1
488CDLXXXVIII-100+500+50+10+10+10+5+1+1+1
489CDLXXXIX-100+500+50+10+10+10-1+10
490CDXC-100+500-10+100
491CDXCI-100+500-10+100+1
492CDXCII-100+500-10+100+1+1
493CDXCIII-100+500-10+100+1+1+1
494CDXCIV-100+500-10+100-1+5
495CDXCV-100+500-10+100+5
496CDXCVI-100+500-10+100+5+1
497CDXCVII-100+500-10+100+5+1+1
498CDXCVIII-100+500-10+100+5+1+1+1
499CDXCIX-100+500-10+100-1+10
500D500
501DI500+1
502DII500+1+1
503DIII500+1+1+1
504DIV500-1+5
505DV500+5
506DVI500+5+1
507DVII500+5+1+1
508DVIII500+5+1+1+1
509DIX500-1+10
510DX500+10
511DXI500+10+1
512DXII500+10+1+1
513DXIII500+10+1+1+1
514DXIV500+10-1+5
515DXV500+10+5
516DXVI500+10+5+1
517DXVII500+10+5+1+1
518DXVIII500+10+5+1+1+1
519DXIX500+10-1+10
520DXX500+10+10
521DXXI500+10+10+1
522DXXII500+10+10+1+1
523DXXIII500+10+10+1+1+1
524DXXIV500+10+10-1+5
525DXXV500+10+10+5
526DXXVI500+10+10+5+1
527DXXVII500+10+10+5+1+1
528DXXVIII500+10+10+5+1+1+1
529DXXIX500+10+10-1+10
530DXXX500+10+10+10
531DXXXI500+10+10+10+1
532DXXXII500+10+10+10+1+1
533DXXXIII500+10+10+10+1+1+1
534DXXXIV500+10+10+10-1+5
535DXXXV500+10+10+10+5
536DXXXVI500+10+10+10+5+1
537DXXXVII500+10+10+10+5+1+1
538DXXXVIII500+10+10+10+5+1+1+1
539DXXXIX500+10+10+10-1+10
540DXL500-10+50
541DXLI500-10+50+1
542DXLII500-10+50+1+1
543DXLIII500-10+50+1+1+1
544DXLIV500-10+50-1+5
545DXLV500-10+50+5
546DXLVI500-10+50+5+1
547DXLVII500-10+50+5+1+1
548DXLVIII500-10+50+5+1+1+1
549DXLIX500-10+50-1+10
550DL500+50
551DLI500+50+1
552DLII500+50+1+1
553DLIII500+50+1+1+1
554DLIV500+50-1+5
555DLV500+50+5
556DLVI500+50+5+1
557DLVII500+50+5+1+1
558DLVIII500+50+5+1+1+1
559DLIX500+50-1+10
560DLX500+50+10
561DLXI500+50+10+1
562DLXII500+50+10+1+1
563DLXIII500+50+10+1+1+1
564DLXIV500+50+10-1+5
565DLXV500+50+10+5
566DLXVI500+50+10+5+1
567DLXVII500+50+10+5+1+1
568DLXVIII500+50+10+5+1+1+1
569DLXIX500+50+10-1+10
570DLXX500+50+10+10
571DLXXI500+50+10+10+1
572DLXXII500+50+10+10+1+1
573DLXXIII500+50+10+10+1+1+1
574DLXXIV500+50+10+10-1+5
575DLXXV500+50+10+10+5
576DLXXVI500+50+10+10+5+1
577DLXXVII500+50+10+10+5+1+1
578DLXXVIII500+50+10+10+5+1+1+1
579DLXXIX500+50+10+10-1+10
580DLXXX500+50+10+10+10
581DLXXXI500+50+10+10+10+1
582DLXXXII500+50+10+10+10+1+1
583DLXXXIII500+50+10+10+10+1+1+1
584DLXXXIV500+50+10+10+10-1+5
585DLXXXV500+50+10+10+10+5
586DLXXXVI500+50+10+10+10+5+1
587DLXXXVII500+50+10+10+10+5+1+1
588DLXXXVIII500+50+10+10+10+5+1+1+1
589DLXXXIX500+50+10+10+10-1+10
590DXC500-10+100
591DXCI500-10+100+1
592DXCII500-10+100+1+1
593DXCIII500-10+100+1+1+1
594DXCIV500-10+100-1+5
595DXCV500-10+100+5
596DXCVI500-10+100+5+1
597DXCVII500-10+100+5+1+1
598DXCVIII500-10+100+5+1+1+1
599DXCIX500-10+100-1+10
600DC500+100
601DCI500+100+1
602DCII500+100+1+1
603DCIII500+100+1+1+1
604DCIV500+100-1+5
605DCV500+100+5
606DCVI500+100+5+1
607DCVII500+100+5+1+1
608DCVIII500+100+5+1+1+1
609DCIX500+100-1+10
610DCX500+100+10
611DCXI500+100+10+1
612DCXII500+100+10+1+1
613DCXIII500+100+10+1+1+1
614DCXIV500+100+10-1+5
615DCXV500+100+10+5
616DCXVI500+100+10+5+1
617DCXVII500+100+10+5+1+1
618DCXVIII500+100+10+5+1+1+1
619DCXIX500+100+10-1+10
620DCXX500+100+10+10
621DCXXI500+100+10+10+1
622DCXXII500+100+10+10+1+1
623DCXXIII500+100+10+10+1+1+1
624DCXXIV500+100+10+10-1+5
625DCXXV500+100+10+10+5
626DCXXVI500+100+10+10+5+1
627DCXXVII500+100+10+10+5+1+1
628DCXXVIII500+100+10+10+5+1+1+1
629DCXXIX500+100+10+10-1+10
630DCXXX500+100+10+10+10
631DCXXXI500+100+10+10+10+1
632DCXXXII500+100+10+10+10+1+1
633DCXXXIII500+100+10+10+10+1+1+1
634DCXXXIV500+100+10+10+10-1+5
635DCXXXV500+100+10+10+10+5
636DCXXXVI500+100+10+10+10+5+1
637DCXXXVII500+100+10+10+10+5+1+1
638DCXXXVIII500+100+10+10+10+5+1+1+1
639DCXXXIX500+100+10+10+10-1+10
640DCXL500+100-10+50
641DCXLI500+100-10+50+1
642DCXLII500+100-10+50+1+1
643DCXLIII500+100-10+50+1+1+1
644DCXLIV500+100-10+50-1+5
645DCXLV500+100-10+50+5
646DCXLVI500+100-10+50+5+1
647DCXLVII500+100-10+50+5+1+1
648DCXLVIII500+100-10+50+5+1+1+1
649DCXLIX500+100-10+50-1+10
650DCL500+100+50
651DCLI500+100+50+1
652DCLII500+100+50+1+1
653DCLIII500+100+50+1+1+1
654DCLIV500+100+50-1+5
655DCLV500+100+50+5
656DCLVI500+100+50+5+1
657DCLVII500+100+50+5+1+1
658DCLVIII500+100+50+5+1+1+1
659DCLIX500+100+50-1+10
660DCLX500+100+50+10
661DCLXI500+100+50+10+1
662DCLXII500+100+50+10+1+1
663DCLXIII500+100+50+10+1+1+1
664DCLXIV500+100+50+10-1+5
665DCLXV500+100+50+10+5
666DCLXVI500+100+50+10+5+1
667DCLXVII500+100+50+10+5+1+1
668DCLXVIII500+100+50+10+5+1+1+1
669DCLXIX500+100+50+10-1+10
670DCLXX500+100+50+10+10
671DCLXXI500+100+50+10+10+1
672DCLXXII500+100+50+10+10+1+1
673DCLXXIII500+100+50+10+10+1+1+1
674DCLXXIV500+100+50+10+10-1+5
675DCLXXV500+100+50+10+10+5
676DCLXXVI500+100+50+10+10+5+1
677DCLXXVII500+100+50+10+10+5+1+1
678DCLXXVIII500+100+50+10+10+5+1+1+1
679DCLXXIX500+100+50+10+10-1+10
680DCLXXX500+100+50+10+10+10
681DCLXXXI500+100+50+10+10+10+1
682DCLXXXII500+100+50+10+10+10+1+1
683DCLXXXIII500+100+50+10+10+10+1+1+1
684DCLXXXIV500+100+50+10+10+10-1+5
685DCLXXXV500+100+50+10+10+10+5
686DCLXXXVI500+100+50+10+10+10+5+1
687DCLXXXVII500+100+50+10+10+10+5+1+1
688DCLXXXVIII500+100+50+10+10+10+5+1+1+1
689DCLXXXIX500+100+50+10+10+10-1+10
690DCXC500+100-10+100
691DCXCI500+100-10+100+1
692DCXCII500+100-10+100+1+1
693DCXCIII500+100-10+100+1+1+1
694DCXCIV500+100-10+100-1+5
695DCXCV500+100-10+100+5
696DCXCVI500+100-10+100+5+1
697DCXCVII500+100-10+100+5+1+1
698DCXCVIII500+100-10+100+5+1+1+1
699DCXCIX500+100-10+100-1+10
700DCC500+100+100
701DCCI500+100+100+1
702DCCII500+100+100+1+1
703DCCIII500+100+100+1+1+1
704DCCIV500+100+100-1+5
705DCCV500+100+100+5
706DCCVI500+100+100+5+1
707DCCVII500+100+100+5+1+1
708DCCVIII500+100+100+5+1+1+1
709DCCIX500+100+100-1+10
710DCCX500+100+100+10
711DCCXI500+100+100+10+1
712DCCXII500+100+100+10+1+1
713DCCXIII500+100+100+10+1+1+1
714DCCXIV500+100+100+10-1+5
715DCCXV500+100+100+10+5
716DCCXVI500+100+100+10+5+1
717DCCXVII500+100+100+10+5+1+1
718DCCXVIII500+100+100+10+5+1+1+1
719DCCXIX500+100+100+10-1+10
720DCCXX500+100+100+10+10
721DCCXXI500+100+100+10+10+1
722DCCXXII500+100+100+10+10+1+1
723DCCXXIII500+100+100+10+10+1+1+1
724DCCXXIV500+100+100+10+10-1+5
725DCCXXV500+100+100+10+10+5
726DCCXXVI500+100+100+10+10+5+1
727DCCXXVII500+100+100+10+10+5+1+1
728DCCXXVIII500+100+100+10+10+5+1+1+1
729DCCXXIX500+100+100+10+10-1+10
730DCCXXX500+100+100+10+10+10
731DCCXXXI500+100+100+10+10+10+1
732DCCXXXII500+100+100+10+10+10+1+1
733DCCXXXIII500+100+100+10+10+10+1+1+1
734DCCXXXIV500+100+100+10+10+10-1+5
735DCCXXXV500+100+100+10+10+10+5
736DCCXXXVI500+100+100+10+10+10+5+1
737DCCXXXVII500+100+100+10+10+10+5+1+1
738DCCXXXVIII500+100+100+10+10+10+5+1+1+1
739DCCXXXIX500+100+100+10+10+10-1+10
740DCCXL500+100+100-10+50
741DCCXLI500+100+100-10+50+1
742DCCXLII500+100+100-10+50+1+1
743DCCXLIII500+100+100-10+50+1+1+1
744DCCXLIV500+100+100-10+50-1+5
745DCCXLV500+100+100-10+50+5
746DCCXLVI500+100+100-10+50+5+1
747DCCXLVII500+100+100-10+50+5+1+1
748DCCXLVIII500+100+100-10+50+5+1+1+1
749DCCXLIX500+100+100-10+50-1+10
750DCCL500+100+100+50
751DCCLI500+100+100+50+1
752DCCLII500+100+100+50+1+1
753DCCLIII500+100+100+50+1+1+1
754DCCLIV500+100+100+50-1+5
755DCCLV500+100+100+50+5
756DCCLVI500+100+100+50+5+1
757DCCLVII500+100+100+50+5+1+1
758DCCLVIII500+100+100+50+5+1+1+1
759DCCLIX500+100+100+50-1+10
760DCCLX500+100+100+50+10
761DCCLXI500+100+100+50+10+1
762DCCLXII500+100+100+50+10+1+1
763DCCLXIII500+100+100+50+10+1+1+1
764DCCLXIV500+100+100+50+10-1+5
765DCCLXV500+100+100+50+10+5
766DCCLXVI500+100+100+50+10+5+1
767DCCLXVII500+100+100+50+10+5+1+1
768DCCLXVIII500+100+100+50+10+5+1+1+1
769DCCLXIX500+100+100+50+10-1+10
770DCCLXX500+100+100+50+10+10
771DCCLXXI500+100+100+50+10+10+1
772DCCLXXII500+100+100+50+10+10+1+1
773DCCLXXIII500+100+100+50+10+10+1+1+1
774DCCLXXIV500+100+100+50+10+10-1+5
775DCCLXXV500+100+100+50+10+10+5
776DCCLXXVI500+100+100+50+10+10+5+1
777DCCLXXVII500+100+100+50+10+10+5+1+1
778DCCLXXVIII500+100+100+50+10+10+5+1+1+1
779DCCLXXIX500+100+100+50+10+10-1+10
780DCCLXXX500+100+100+50+10+10+10
781DCCLXXXI500+100+100+50+10+10+10+1
782DCCLXXXII500+100+100+50+10+10+10+1+1
783DCCLXXXIII500+100+100+50+10+10+10+1+1+1
784DCCLXXXIV500+100+100+50+10+10+10-1+5
785DCCLXXXV500+100+100+50+10+10+10+5
786DCCLXXXVI500+100+100+50+10+10+10+5+1
787DCCLXXXVII500+100+100+50+10+10+10+5+1+1
788DCCLXXXVIII500+100+100+50+10+10+10+5+1+1+1
789DCCLXXXIX500+100+100+50+10+10+10-1+10
790DCCXC500+100+100-10+100
791DCCXCI500+100+100-10+100+1
792DCCXCII500+100+100-10+100+1+1
793DCCXCIII500+100+100-10+100+1+1+1
794DCCXCIV500+100+100-10+100-1+5
795DCCXCV500+100+100-10+100+5
796DCCXCVI500+100+100-10+100+5+1
797DCCXCVII500+100+100-10+100+5+1+1
798DCCXCVIII500+100+100-10+100+5+1+1+1
799DCCXCIX500+100+100-10+100-1+10
800DCCC500+100+100+100
801DCCCI500+100+100+100+1
802DCCCII500+100+100+100+1+1
803DCCCIII500+100+100+100+1+1+1
804DCCCIV500+100+100+100-1+5
805DCCCV500+100+100+100+5
806DCCCVI500+100+100+100+5+1
807DCCCVII500+100+100+100+5+1+1
808DCCCVIII500+100+100+100+5+1+1+1
809DCCCIX500+100+100+100-1+10
810DCCCX500+100+100+100+10
811DCCCXI500+100+100+100+10+1
812DCCCXII500+100+100+100+10+1+1
813DCCCXIII500+100+100+100+10+1+1+1
814DCCCXIV500+100+100+100+10-1+5
815DCCCXV500+100+100+100+10+5
816DCCCXVI500+100+100+100+10+5+1
817DCCCXVII500+100+100+100+10+5+1+1
818DCCCXVIII500+100+100+100+10+5+1+1+1
819DCCCXIX500+100+100+100+10-1+10
820DCCCXX500+100+100+100+10+10
821DCCCXXI500+100+100+100+10+10+1
822DCCCXXII500+100+100+100+10+10+1+1
823DCCCXXIII500+100+100+100+10+10+1+1+1
824DCCCXXIV500+100+100+100+10+10-1+5
825DCCCXXV500+100+100+100+10+10+5
826DCCCXXVI500+100+100+100+10+10+5+1
827DCCCXXVII500+100+100+100+10+10+5+1+1
828DCCCXXVIII500+100+100+100+10+10+5+1+1+1
829DCCCXXIX500+100+100+100+10+10-1+10
830DCCCXXX500+100+100+100+10+10+10
831DCCCXXXI500+100+100+100+10+10+10+1
832DCCCXXXII500+100+100+100+10+10+10+1+1
833DCCCXXXIII500+100+100+100+10+10+10+1+1+1
834DCCCXXXIV500+100+100+100+10+10+10-1+5
835DCCCXXXV500+100+100+100+10+10+10+5
836DCCCXXXVI500+100+100+100+10+10+10+5+1
837DCCCXXXVII500+100+100+100+10+10+10+5+1+1
838DCCCXXXVIII500+100+100+100+10+10+10+5+1+1+1
839DCCCXXXIX500+100+100+100+10+10+10-1+10
840DCCCXL500+100+100+100-10+50
841DCCCXLI500+100+100+100-10+50+1
842DCCCXLII500+100+100+100-10+50+1+1
843DCCCXLIII500+100+100+100-10+50+1+1+1
844DCCCXLIV500+100+100+100-10+50-1+5
845DCCCXLV500+100+100+100-10+50+5
846DCCCXLVI500+100+100+100-10+50+5+1
847DCCCXLVII500+100+100+100-10+50+5+1+1
848DCCCXLVIII500+100+100+100-10+50+5+1+1+1
849DCCCXLIX500+100+100+100-10+50-1+10
850DCCCL500+100+100+100+50
851DCCCLI500+100+100+100+50+1
852DCCCLII500+100+100+100+50+1+1
853DCCCLIII500+100+100+100+50+1+1+1
854DCCCLIV500+100+100+100+50-1+5
855DCCCLV500+100+100+100+50+5
856DCCCLVI500+100+100+100+50+5+1
857DCCCLVII500+100+100+100+50+5+1+1
858DCCCLVIII500+100+100+100+50+5+1+1+1
859DCCCLIX500+100+100+100+50-1+10
860DCCCLX500+100+100+100+50+10
861DCCCLXI500+100+100+100+50+10+1
862DCCCLXII500+100+100+100+50+10+1+1
863DCCCLXIII500+100+100+100+50+10+1+1+1
864DCCCLXIV500+100+100+100+50+10-1+5
865DCCCLXV500+100+100+100+50+10+5
866DCCCLXVI500+100+100+100+50+10+5+1
867DCCCLXVII500+100+100+100+50+10+5+1+1
868DCCCLXVIII500+100+100+100+50+10+5+1+1+1
869DCCCLXIX500+100+100+100+50+10-1+10
870DCCCLXX500+100+100+100+50+10+10
871DCCCLXXI500+100+100+100+50+10+10+1
872DCCCLXXII500+100+100+100+50+10+10+1+1
873DCCCLXXIII500+100+100+100+50+10+10+1+1+1
874DCCCLXXIV500+100+100+100+50+10+10-1+5
875DCCCLXXV500+100+100+100+50+10+10+5
876DCCCLXXVI500+100+100+100+50+10+10+5+1
877DCCCLXXVII500+100+100+100+50+10+10+5+1+1
878DCCCLXXVIII500+100+100+100+50+10+10+5+1+1+1
879DCCCLXXIX500+100+100+100+50+10+10-1+10
880DCCCLXXX500+100+100+100+50+10+10+10
881DCCCLXXXI500+100+100+100+50+10+10+10+1
882DCCCLXXXII500+100+100+100+50+10+10+10+1+1
883DCCCLXXXIII500+100+100+100+50+10+10+10+1+1+1
884DCCCLXXXIV500+100+100+100+50+10+10+10-1+5
885DCCCLXXXV500+100+100+100+50+10+10+10+5
886DCCCLXXXVI500+100+100+100+50+10+10+10+5+1
887DCCCLXXXVII500+100+100+100+50+10+10+10+5+1+1
888DCCCLXXXVIII500+100+100+100+50+10+10+10+5+1+1+1
889DCCCLXXXIX500+100+100+100+50+10+10+10-1+10
890DCCCXC500+100+100+100-10+100
891DCCCXCI500+100+100+100-10+100+1
892DCCCXCII500+100+100+100-10+100+1+1
893DCCCXCIII500+100+100+100-10+100+1+1+1
894DCCCXCIV500+100+100+100-10+100-1+5
895DCCCXCV500+100+100+100-10+100+5
896DCCCXCVI500+100+100+100-10+100+5+1
897DCCCXCVII500+100+100+100-10+100+5+1+1
898DCCCXCVIII500+100+100+100-10+100+5+1+1+1
899DCCCXCIX500+100+100+100-10+100-1+10
900CM-100+1000
901CMI-100+1000+1
902CMII-100+1000+1+1
903CMIII-100+1000+1+1+1
904CMIV-100+1000-1+5
905CMV-100+1000+5
906CMVI-100+1000+5+1
907CMVII-100+1000+5+1+1
908CMVIII-100+1000+5+1+1+1
909CMIX-100+1000-1+10
910CMX-100+1000+10
911CMXI-100+1000+10+1
912CMXII-100+1000+10+1+1
913CMXIII-100+1000+10+1+1+1
914CMXIV-100+1000+10-1+5
915CMXV-100+1000+10+5
916CMXVI-100+1000+10+5+1
917CMXVII-100+1000+10+5+1+1
918CMXVIII-100+1000+10+5+1+1+1
919CMXIX-100+1000+10-1+10
920CMXX-100+1000+10+10
921CMXXI-100+1000+10+10+1
922CMXXII-100+1000+10+10+1+1
923CMXXIII-100+1000+10+10+1+1+1
924CMXXIV-100+1000+10+10-1+5
925CMXXV-100+1000+10+10+5
926CMXXVI-100+1000+10+10+5+1
927CMXXVII-100+1000+10+10+5+1+1
928CMXXVIII-100+1000+10+10+5+1+1+1
929CMXXIX-100+1000+10+10-1+10
930CMXXX-100+1000+10+10+10
931CMXXXI-100+1000+10+10+10+1
932CMXXXII-100+1000+10+10+10+1+1
933CMXXXIII-100+1000+10+10+10+1+1+1
934CMXXXIV-100+1000+10+10+10-1+5
935CMXXXV-100+1000+10+10+10+5
936CMXXXVI-100+1000+10+10+10+5+1
937CMXXXVII-100+1000+10+10+10+5+1+1
938CMXXXVIII-100+1000+10+10+10+5+1+1+1
939CMXXXIX-100+1000+10+10+10-1+10
940CMXL-100+1000-10+50
941CMXLI-100+1000-10+50+1
942CMXLII-100+1000-10+50+1+1
943CMXLIII-100+1000-10+50+1+1+1
944CMXLIV-100+1000-10+50-1+5
945CMXLV-100+1000-10+50+5
946CMXLVI-100+1000-10+50+5+1
947CMXLVII-100+1000-10+50+5+1+1
948CMXLVIII-100+1000-10+50+5+1+1+1
949CMXLIX-100+1000-10+50-1+10
950CML-100+1000+50
951CMLI-100+1000+50+1
952CMLII-100+1000+50+1+1
953CMLIII-100+1000+50+1+1+1
954CMLIV-100+1000+50-1+5
955CMLV-100+1000+50+5
956CMLVI-100+1000+50+5+1
957CMLVII-100+1000+50+5+1+1
958CMLVIII-100+1000+50+5+1+1+1
959CMLIX-100+1000+50-1+10
960CMLX-100+1000+50+10
961CMLXI-100+1000+50+10+1
962CMLXII-100+1000+50+10+1+1
963CMLXIII-100+1000+50+10+1+1+1
964CMLXIV-100+1000+50+10-1+5
965CMLXV-100+1000+50+10+5
966CMLXVI-100+1000+50+10+5+1
967CMLXVII-100+1000+50+10+5+1+1
968CMLXVIII-100+1000+50+10+5+1+1+1
969CMLXIX-100+1000+50+10-1+10
970CMLXX-100+1000+50+10+10
971CMLXXI-100+1000+50+10+10+1
972CMLXXII-100+1000+50+10+10+1+1
973CMLXXIII-100+1000+50+10+10+1+1+1
974CMLXXIV-100+1000+50+10+10-1+5
975CMLXXV-100+1000+50+10+10+5
976CMLXXVI-100+1000+50+10+10+5+1
977CMLXXVII-100+1000+50+10+10+5+1+1
978CMLXXVIII-100+1000+50+10+10+5+1+1+1
979CMLXXIX-100+1000+50+10+10-1+10
980CMLXXX-100+1000+50+10+10+10
981CMLXXXI-100+1000+50+10+10+10+1
982CMLXXXII-100+1000+50+10+10+10+1+1
983CMLXXXIII-100+1000+50+10+10+10+1+1+1
984CMLXXXIV-100+1000+50+10+10+10-1+5
985CMLXXXV-100+1000+50+10+10+10+5
986CMLXXXVI-100+1000+50+10+10+10+5+1
987CMLXXXVII-100+1000+50+10+10+10+5+1+1
988CMLXXXVIII-100+1000+50+10+10+10+5+1+1+1
989CMLXXXIX-100+1000+50+10+10+10-1+10
990CMXC-100+1000-10+100
991CMXCI-100+1000-10+100+1
992CMXCII-100+1000-10+100+1+1
993CMXCIII-100+1000-10+100+1+1+1
994CMXCIV-100+1000-10+100-1+5
995CMXCV-100+1000-10+100+5
996CMXCVI-100+1000-10+100+5+1
997CMXCVII-100+1000-10+100+5+1+1
998CMXCVIII-100+1000-10+100+5+1+1+1
999CMXCIX-100+1000-10+100-1+10
1000M1000



Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Pelajaran Matematika


Demikian pembahasan lengkap tentang angka romawi semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa komentarnya jika kamu menemukan kesalahan atau jika kamu merasakan manfaat tulisan ini.[RB]

Kontributor:
Rezky Bagus Pambudiarso, S. Pd.
Guru Matematika, SMAN 1 Karangtengah.
Alumnus Program Studi Matematika UNNES.