Widget HTML Atas

√ Satuan Panjang - Rumus, Tangga, Konversi dan Contoh Soal

Satuan panjang merupakan salah satu satuan terpenting dalam Matematika, yang nantinya juga akan berguna dalam pengukuran dalam bidang Fisika. Penggunaan satuan untuk mendeskripsikan panjang suatu benda atau objek di tiap-tiap negara bisa berbeda-beda.


Satuan Panjang
Ada yang menggunakan sistem Satuan Internasional beserta turunannya yang termasuk sistem CGS, serta ada yang menggunakan satuan lainnya yang tidak masuk dalam turunan SI.

Setiap satuan panjang, baik turunan ataupun tidak, bisa dikonversikan terhadap satuan panjang lainnya. Penjelasan mengenai satuan panjang akan diinformasikan lebih lanjut dibawah ini yang akan dimulai dengan penjelasan mengenai satuan SI, tangga konversi, satuan lain serta konversi untuk satuan lain dan keduanya.

Pengertian Satuan Panjang

Satuan panjang adalah standar ukuran yang dipakai untuk menyatakan ukuran tinggi, panjang, jarak sebuah benda atau objek yang diukur.

Satuan panjang dalam sistem satuan internasional adalah meter. Satuan internasional berarti bahwa satuan tersebut menjadi satuan umum yang digunakan dan telah melalui persetujuan internasional.

Meter sendiri merupakan definisi dari hasil jarak yang ditempuh cahaya dari ruang hampa selama sepersekian detik. Meter mempunyai simbol "m". Turunan dari satuan ini adalah yang termasuk dalam sistem cgs, yaitu centimeter.

Hampir semua negara di dunia menggunakan satuan meter untuk mendefinisikan panjang. Turunan dari meter termasuk km, hm, dam, cm dan mm. keseluruhan turunan akan dibahas di bawah ini.

Konversi Satuan Panjang

Konversi satuan mempunyai arti merubah nilai suatu sistem satuan ke nilai satuan lain. Konversi satuan biasanya tidak pernah mengubah nilai dari suatu besaran.

Contohnya ketika hendak mengubah satuan panjang dari kilometer ke meter, mengubah dari centimeter ke kilometer, dan lain sebagainya.

Tabel Konversi Satuan Berat Online

Gunakan kolom untuk merubah konverter metrik yang kamu butuhkan.
Satuan Panjang
Satuan Panjang
Konversi Satuan Panjang
Catatan: Gunakanlah tanda Titik (“.”) sebagai tanda “pemisah desimal” misal untuk 2 koma 5 (2.5) untuk memasukan angka. Titik dari hasil tersebut menunjukkan tanda pemisah desimal atau koma (“,”).


Konversi Satuan Lain: Satuan Panjang | Satuan Berat | Satuan Waktu | Satuan Suhu | Satuan Arus Listrik


Tangga Satuan Panjang

Tangga Konversi Pengukuran Satuan Panjang Matematika

Tangga konversi digunakan untuk memudahkan dalam mengonversikan antar satuan panjang. Sebelum memulai tangga konversi, terlebih dahulu untuk mengetahui urutan satuan panjang.

Urutan satuan panjang: km → hm → dam → m → dm →cm→mm

1 km
10 hm
1 km
1000 m
1 km
100000 cm
1 km
1000000 mm
1 m
100 cm
1 m
0,1 dam
1 m
0,001 km
1 m
10 dm
1 m
1000 mm
Terdapat 7 urutan satuan panjang dari ukuran besar hingga ukuran terkecil.

Cara Menghitung Satuan Panjang

Macam-macam satuan panjang yang umum dipakai di Indonesia adalah kilometer(km), hektometer(hm), dekameter(dam), meter(m), desimeter(dm), centimeter(cm), dan milimeter(mm).

Untuk menghitung satuan panjang bisa memakai tangga konversi satuan panjang. Berikut rumus satuan panjang.
  • setiap turun satu tangga dikalikan dengan nilai 10. 
  • setiap naik satu tangga harus dibagi dengan nilai 10. 
Untuk lebih jelasnya, berikut contoh konversi

Berikut ini merupakan contoh konversi turun

1 km = 10 hm
1 km = 100 dam
1 km = 1000 m
1 km= 100000 cm
1 m = 100 cm
1 m = 1000 mm

Berikut ini merupakan contoh konversi naik

1 m = 0,001 km
1 cm= 0,01 m
100 m= 0,1 km
1000 cm= 10 m

Konversi tersebut merupakan contoh pengonversian dalam satuan panjang berbasis satuan internasional beserta turunannya. Untuk bilangan yang berbeda dan dalam penghitungan selanjutnya, caranya pun sama.

Contoh Soal

1 cm berapa mm ?

Penyelesaian:

Dalam tangga satuan, dari centimeter(cm) ke milimeter(mm) turun 1 tangga. Maka dikalikan 10,
1 cm = 1 × 10 mm
1 cm = 10 mm
Jadi, 1 cm adalah 10 mm.

1 meter berapa cm ?

Penyelesaian:

Dalam tangga satuan, dari meter(m) ke centimeter(cm) turun 2 tangga. Maka dikalikan 10x10,
1 m = 1 × (10 × 10) cm
1 m = 1 × 100 cm
1 m = 100 cm
Jadi, 1 meter adalah 100 cm.

1 mm berapa cm ?

Penyelesaian:

Dalam tangga satuan, dari milimeter(mm) ke centimeter(cm) naik 1 tangga. Maka dibagi 10,
1 mm = 1 ÷ 10 cm
1 mm = 0.1 cm
Jadi, 1 mm adalah 0.1 cm.

45 hm berapa m ?

Penyelesaian:

Dalam tangga satuan, dari hektometer(hm) ke meter(m) turun 2 tangga. Maka dikalikan 10x10,
45 hm = 45 × 10 x10
45 hm = 4500 m
Jadi, 45 hm adalah 4500 m.

Satuan Panjang Baku dan Tidak Baku

Satuan baku merupakan satuan yang telah di bakukan/ditetapkan/disepakati bersama sebagai satuan dalam pengukuran suatu besaran.

Contoh satuan panjang baku adalah meter, centimeter, kilometer, milimeter, feet, yard, inchi, mil dan sebagainya.

Sedangkan satuan tak baku yaitu satuan yang apabila digunakan untuk melakukan pengukuran maka memberikan hasil yang berbeda-beda bila dilakukan oleh orang yang berbeda. Hal ini disebabkan karena satuan tak baku belum disepakati ukurannya secara paten.

Contoh satuan panjang tidak baku antara lain jengkal, depa, kilan, hasta, tumbak dan lain sebagainya.

Alat Ukur Panjang

Berikut ini adalah contoh alat ukur panjang yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari:
  • Mistar atau penggaris
  • Meteran
  • Meteran Laser
  • Jangka Sorong
  • Mikrometer

Satuan Panjang Lain didunia

Selain satuan internasional beserta turunannya, ternyata ada pula satuan lain untuk mendefinisikan panjang. Setidaknya ada empat satuan panjang lainnya yang digunakan untuk pengukuran panjang. Keempatnya adalah mil, yard, inci dan feet (kaki).

Amerika dan Inggris menjadi negara yang paling sering menggunakan satuan tersebut untuk mengukur panjang suatu objek maupun jarak. Keempatnya akan dibahas secara terperinci sebelum menuju ke konversi.

Mil

Mil dalam Bahasa Inggris ditulis sebagai mile. Satuan ini merupakan satuan untuk definisi jarak dan panjang di Inggris. Satuan ini mempunyai standarisasi meter, yaitu sebanyak 1609,344 meter. Setiap satu mil juga sama dengan 5280 kaki (feet) serta setara dengan 1760 yard.

Yard

Yard sering ditulis juga sebagai yd. Sama seperti mil, yard merupakan satuan unit panjang yang digunakan oleh Inggris, bahkan sejak zaman kekaisaran Inggris. Negara lainnya juga sering menggunakan yard sebagai satuan adalah Amerika.

Setiap satu yard adalah setara dengan 0,9144 meter. Standarisasi ini merupakan hasil dari perjanjian internasional yang disepakati tahun 1959. 1 yard juga memiliki kesetaraan dengan 3 feet atau kaki.

Inchi

Inchi atau inci biasanya disingkat sebagai in. Inci biasanya dinyatakan dengan tanda “ setelah angka di depannya. Sejarah perkembangan satuan inci merupakan sejarah pengukuran yang sangat panjang. Unit inci diambil dari bahasa Romawi “uncia”.

Kerajaan Inggris dan Amerika merupakan dua negara yang menggunakan unti ini dalam sistem pengukuran. Setiap satu inci mewakili 2,54 cm. nilai tersebut juga setara dengan 1/12 kaki.

Kaki atau Feet

Yang terakhir dari satuan lain untuk unit panjang adalah kaki atau dalam Bahasa Inggris disebut feet. Ejaan untuk bentuk tunggalnya adalah foot. Satuan ini juga sama seperti satuan sebelumnya, yaitu digunakan di Inggris dan di Amerika.

Setiap satu kaki distandarkan sama dengan 0,3048 meter. Kesepakatan standarisasi inci ini merupakan kesepakatan internasional pada tahun 1959. Sejak saat itu pula standar tersebut berlaku secara global.

Lagu Satuan Panjang

Lagu berikut ini mengajak siswa untuk mengenal tangga satuan secara asyik dan menyenangkan agar mudah dihafal.



Contoh Soal Konversi Satuan Panjang 1:

Contoh 1: Konversi dari 30 yard ke kaki

Jawaban: diketahui bahwa setiap 1 yard setara dengan 3 kaki. Berarti untuk menjawabnya tinggal mengalikan dengan angka 3. Sehingga akan diperoleh 30 x 3 = 90 kaki.

Ini artinya bahwa 30 yard sama dengan 90 kaki.

Contoh 2: Konversi 6 mil ke kaki

Jawaban: diketahui bahwa setiap 1 mil mempunyai nilai yang sama dengan 5280 kaki. Untuk menghitung konversi tersebut, tinggal mengalikan nilai mil dengan 5280. Sehingga akan diperoleh 6 x 5280 =31680 kaki.

Hasilnya adalah 6 mil sama dengan 31680 kaki.

Baca juga: 1 inch berapa cm?

Konversi beda satuan

Konversi berikut ini merupakan konversi antar satuan, yaitu satuan yang termasuk satuan sistem internasional beserta turunannya dengan satuan lain yang telah dibahas sebelumnya.

Dalam penjelasan mengenai satuan unit lain untuk panjang diatas, telah dibahas beberapa satuan yang mempunyai nilai yang setara dengan satuan international untuk unit panjang, meter.

Untuk menghitungnya, seperti perhitungan diatas, yaitu dengan mengalikan. Kali ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai konversi ini melalui contoh konversi.

Contoh Soal Konversi Satuan Panjang 2:

Contoh konversi 1: 2 mil ke ukuran km

Jawaban: seperti yang telah dijelaskan diatas, setiap 1 mil mewakili 1609,344 meter. Untuk menghitungnya, bisa dengan mengonversikan meter ke km lalu kemudian dikalikan, ataupun sebaliknya.

Sebagai contoh adalah akan dikonversikan terlebih dahulu. 1609,344 m sama dengan 1,609344 km. Untuk menghitung 2 mil hanya perlu dikalikan saja, yaitu 2 x 1,609344km yang akan menghasilkan nilai 3, 218688 km sebagai jawabannya.

Contoh konversi 2: 60 inci ke meter

Jawaban: diatas telah disebutkan bahwa setiap 1 inci setara dengan 2,54 cm. Untuk mengukur agar setara dengan satuan meter, bisa dikalikan dengan satuan cm tersebut. Setelah itu, baru dikonversikan menjadi meter. Dengan demikian, perhitungannya adalah 60 x 2,54 = 152,4 cm. bilangan ini dikonversikan menjadi meter, yaitu dengan dibagi 100. Sehingga akan diperoleh hasil dari 152,4 : 100 adalah 1,524 meter.

Sehingga 60 inci setara nialinya dengan 1,524 meter. Untuk konversi selanjutnya bisa menggunakan metode yang sama.

Baca juga: 1 meter berapa cm?




Baca juga tutorial lainnya : Daftar Materi Pelajaran Matematika



Ada pula pengukuran lain untuk ukuran panjang dengan skala yang jauh lebih besar. Untuk panjang dengan skala yang lebih besar digunakan satuan AU dan satuan cahaya. Namun keduanya hanya berlaku pada ilmu Fisika, khususnya pada cabang ilmu Astronomi.

Dengan pemahaman mendasar mengenai konsep panjang, bermacam-macam satuannya serta cara mengonversikannya, diharapkan akan menjadi bekal untuk materi selanjutnya.

Demikian artikel Konversi Satuan Panjang. mohon bantuannya untuk share ya, semoga bermanfaat.